Follow me :

11 Cara Memilih Website Jual Beli Rumah yang Kredibel

Thursday, August 8, 2019





(Photo: Shutterstock)


Perkembangan teknologi telah membawa kita ke era baru dalam mencari rumah. Banyaknya website jual beli rumah yang bermunculan menunjukkan tingginya minat warga terhadap tren yang satu ini.
Kendati demikian, tidak semua situs properti tersebut lantas memiliki kredibilitas yang baik dalam membantu masyarakat untuk membeli/memasarkan propertinya. Mulai dari banyaknya bugs, yang membuat penggunanya kesulitan menggunakan situs tersebut, fitur yang tidak lengkap, hingga adanya risiko listing bodong atau penipuan properti yang dipasarkan. Sebagai konsumen, kita harus benar-benar yakin apakah website jual beli rumah yang kita gunakan memiliki kredibilitas yang baik atau tidak. Pasalnya, urusan jual beli rumah bukanlah urusan yang enteng, karena melibatkan sejumlah uang yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, hari ini saya akan memberikan beberapa cara memilih website jual beli rumah yang memiliki kredibilitas baik, serta dapat dipercaya. Berikut selengkapnya.


1. Perhatikan tampilan antarmuka website
Cara pertama untuk mengetahui apakah sebuah website jual beli rumah benar-benar kredibel atau tidak adalah dengan melihat tampilan antarmuka atau interface situs tersebut. Pasalnya, bagi website-website kredibel, tampilan antarmuka sangat perpengaruh terhadap user experience atau pengalaman penggunanya dalam menggunakan situs mereka. Penting bagi sebuah perusahaan untuk membuat tampilan halaman depan website terlihat menarik namun tetap profesional, agar para penggunanya percaya bahwa mereka adalah situs yang kredibel.


2. Didesain dengan baik

Hal ini juga berhubungan dengan user experience yang dirasakan oleh penggunanya. Pasalnya, tidak semua orang lantas mengakses sebuah website jual beli rumah dengan perangkat yang sama. Maka, sebuah situs jual beli rumah yang baik adalah yang membuat desain websitenya seresponsif mungkin, seperti dalam diakses melalui laptop, handphone, tablet, atau gawai lainnya.


3. Memiliki reputasi di masyarakat

Reputasi adalah hal yang wajib dimiliki oleh website jual beli rumah. Biasanya, semakin dikenal sebuah website, maka akan semakin banyak jumlah pengguna dan listing yang terdapat di situs tersebut. Selain itu, reputasi website juga dapat terlihat dari cara mereka membuat serta menyebarkan konten. Pada umumnya, situs jual beli rumah bukan hanya diperuntukan sebagai marketplace saja, namun juga memberikan informasi properti, seperti artikel yang menarik untuk para penggunanya. Semakin aktif website jual beli rumah itu memproduksi konten properti, maka dapat memperlihatkan kredibilitas dan keseriusan dari perusahaan tersebut.


4. Memiliki fitur dan fasilitas lengkap

Fitur dan fasilitas tiap website jual beli rumah mungkin berbeda satu dengan yang lainnya. Semakin lengkap fitur dan fasilitas yang tersedia, dapat memperlihatkan kredibilitas dari website tersebut, seperti laman 99.co/id atau biasa disebut sebagai 99.co Indonesia. Dalam mengukuhkan namanya sebagai situs properti terbesar dan terpercaya di tanah air, portal properti ini meluncurkan berbagai macam fitur dan fasilitas menarik untuk para penggunanya. Lantas, apa saja sih fitur dan fasilitas yang harus tersedia pada situs jual beli rumah? Simak terus artikel ini sampai selesai ya.


5. Dilengkapi dengan foto listing



(Photo: Freepik)

Berbeda dengan iklan di koran atau selebaran, biasanya iklan di website jual beli rumah dilengkapi dengan foto dari listing tersebut. Fitur unggah gambar ini sudah sewajibnya dimiliki oleh sebuah situs jual beli rumah. Sebab, orang-orang cenderung lebih suka melihat foto dari rumah tersebut, daripada cuma membaca deskripsi berupa tulisan.


6. Pencarian yang mendetail

Jangan salah, kamu juga bisa menilai apakah sebuah website jual beli rumah betul-betul kredibel apa tidak melalui fitur pencarian yang mereka sediakan. Semakin mendetail pencarian yang ditawarkan, akan memperlihatkan seberapa tinggi niat perusahaan untuk mengembangkan situs tersebut. Pasalnya, upaya dalam mencari rumah tentu perlu dipertimbangkan dari banyak aspek, mulai dari hargam lokasi, spesifikasi bangunan, luas tanah dan bangunan, fasilitas umum, hingga lingkungan sekitar. Jika sebuah website jual beli rumah tidak dapat memfasilitasimu dalam mencari rumah sesuai kriteria yang kamu butuhkan, maka kredibilitas dari situs tersebut patut dipertanyakan.


7. Fitur peta

Lokasi sendiri merupakan salah satu pertimbangan terpenting dalam membeli rumah. Berbeda lokasi tentu menawarkan fasilitas dan harga rumah yang berbeda pula. Oleh sebab itu, fitur peta yang terintegrasi harus dimiliki oleh sebuah website jual beli rumah, apabila website tersebut ingin dianggap sebagai sebuah portal yang kredibel. Fitur peta nantinya dapat memperlihatkanmu di mana lokasi pasti dari rumah tersebut berada. Dari sana, kamu dapat melihat apakah akses yang dimiliki rumah tersebut terbilang baik atau tidak. Selain itu, dari fitur peta yang terintegrasi kamu juga dapat menelusuri lokasi rumah secara langsung ketika ingin melakukan survei.


8. Memiliki kantor representatif

Meski berkecimpung di dunia digital, namun sudah seyogyanya sebuah website jual beli rumah memiliki alamat kantor representatif di dunia nyata. Pasalnya, semakin besar sebuah situs biasanya ia akan mempekerjakan semakin banyak orang, sehingga membutuhkan sebuah kantor representatif yang digunakan sebagai tempat bekerja. Untuk mengetahui apakah sebuah situs memiliki alamat kantor representatif kamu bisa melihat di situs tersebut. Jika tidak tertera alamat kantor, maka bisa dikatakan kalau situs tersebut adalah situs bodong.


9. Memiliki layanan customer service

Mau itu marketplace, e-commerce, atau perusahan lainnya, yang menyediakan layanan jual beli barang atau jasa, WAJIB hukumnya memberikan layanan customer servie bagi para penggunanya. Ini penting sekali, agar para pengguna situs tersebut dapat melaporkan segala kekeliruan, kesalahan, dan gangguan terkait layanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Maka dari itu, dapat saya pastikan, apabila sebuah website jual beli rumah tidak memiliki kontak atau layanan pengaduan konsumen, maka situs tersebut terindikasi bodong atau menipu.


10. Menggunakan domain gratis

Ya, keberadaan domain gratis sering kali disalahgunakan oleh para penipu dalam membangun sebuah portal jual beli properti. Semua website jual beli rumah terpercaya pada umumnya menggunakan domain berbayar, seperti .COM, .NET, dan sebagainya. Hal ini tentu akan memperlihatkan keseriusan dari pengembang website tersebut. Apalagi jika dibandingkan dengan situs properti yang menggunakan domain gratis seperti .TK, .ML, .CF, .GA, atau .GQ, saya sarankan jangan menggunakan situs tersebut.


11. Periksa awalan alamat website

Apakah kamu pernah melihat kata HTPP dan HTTPS di dalam alamat sebuah website? Ya, itulah yang dimaksud sebagai awalan alamatnya. HTTP adalah kependekan dari Hypertext Transfer Protocol, sedang HTTPS singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Perbedaan keduanya terletak di huruf S atau secure. HTTPS memang lebih aman digunakan daripada HTPP, sebab semua lintas data yang melewati website tersebut dapat dilacak dengan enkripsi. Oleh karenanya, perhatikan apakah website jual beli rumah yang kamu pilih memiliki awalan alamat website HTTP atau HTTPS, sebab situs kredibel pasti menggunakan awalan alamat lebih aman yaitu HTTPS. Ternyata banyak sekali ya, hal-hal yang harus diperhatikan dalam menilai apakah sebuah properti benar-benar kredibel atau tidak. Semoga dari informasi ini kamu bisa lebih awas dan berhati-hati lagi dalam menggunakan website jual beli rumah yang beradar di internet.





Baca juga :









39 comments on "11 Cara Memilih Website Jual Beli Rumah yang Kredibel"
  1. Bener juga ya, kalau ada fitur peta nya, orang jadi semakin mudah untuk melihat lokasi rumah yang diperjualbelikan. Pengalaman nih, dulu pernah cari2 rumah yang dijual gitu dari sebuah website, di situ memang tercantum alamatnya, tapi aku tetep harus buka google maps buat ngebayangin lokasi tepat nya dimana. Jadi nya kerja 2x, heuheu

    ReplyDelete
  2. Sepakat user interface dan user experience itu sepaket, harus benar-benar diperhatikan.

    No 10 kayaknya salah ketik ya mbak. Bukannya seharusnya "tidak memggunakan domain gratis"

    ReplyDelete
  3. Iya betuul, foto rumah itu penting. Biasanya pembeli akan melihat foto rumahnya juga agar mendapat gambaran rumah yang akan dibeli seperti apa. Dan tentu saja deskripsi yang lengkap ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto rumah bisa menunjukkan deskripsi rumah nya kaya apa ya mba hehehe

      Delete
  4. Perlu banget cek ricek ya Mba. Apalagi reputasi. Saya mengandalkan hal ini. Kalo website. Bisa dibuat seolah meyakinkan ya

    ReplyDelete
  5. Benar ya, sebelum bertransaksi di sebuah situs, harus mengecek benar atau tidak bisnis mereka, takutnya ternyata situs palsu..harus dicek kantornya juga ya benar ada atau tidak..

    ReplyDelete
  6. iya mbak, zaman serba digital ini memang semua mudah ya mbak, sampai lihat properti juga bisa lewat website. cuma ya gitu deh, harus hati hati ya, supaya gak tertipu. makasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
  7. hati-hati nih yang nomer 10
    eh kalau cari rumah secara online gini langsung hubungi penjual atau lewat perusahaan yang punya website?

    ReplyDelete
  8. Tipsnya mantuulll kakak
    Memang kita kudu cermat bgt kalo mau cari website yg kredibel yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Tampilan antar muka sebuah website ibaratnya cover pada buku ya, yg bikin pembaca tertairk lebih awal, tapi isinya juga lebih penting lagi sih ya. Makanya harus pilih web jual beli rumah yang terpercaya juga.
    Listing yang lengkap juga memudahkan pengguna menentukan banyak pilihan yang ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memiliki kantor representatif ini juga penting ya mbak, jadi real gitu perusahaannya walaupun memasarkan rumah secara online

      Delete
  10. Wah penting banget loh artikel ini untuk transaksi online. Nggak cuma utk jual beli rumah, tapi juga untuk semua transaksi. Semoga banyak yg baca untuk edukasi lebih luas lagi karena transaksi online sudah jadi gaya hidup, termasuk cari rumah.

    ReplyDelete
  11. Transaksi online modalnyya rasa percaya ya, jadi memang mesti kia tah ciri-ciri web yang kredibel kaya apa. Makasih mba sharenya, mafaat banget nih.

    ReplyDelete
  12. Saya biasanya kalo mau nyari wbsite rumah yang kredibel tanya dari temen, kerabat atau keluarga yang sudah lebih dulu punya rumah dan beli di website.

    Habis itu saya list dan saring mana yang lebih kredibel dari indikator yang sudah ada diatas

    ReplyDelete
  13. Infonya bermanfaat banget yah mba mengenai transaksi online apa aja yah bukan hanya transaksi online eccomerce tapi transaksi online lainnya

    ReplyDelete
  14. Noted mbak. Aku juga biasanya jangan kan website beli rumah untuk belanja online saja sering lihat review atau feedback dari pembeli sebelumnya buar tambah yakin.

    ReplyDelete
  15. Setuju banget deh, harus jeli juga melihat alamat websitenya. Apakah udah secure atau belum ya

    ReplyDelete
  16. Bener mbak....mencari situs jual beli rumah harus yang memenuhi 11 syarat diatas, agar pembeli juga yakin akan rumah yang mau dibeli. Kadang paling susah kalau lihat iklan rumah tp gak ada gambarnya. Begitu di lokasi beda banget kenyataan nya. TFS ya mbak.

    ReplyDelete
  17. Memang sekarang apa apa serba online ya judulnya. Memang memudahkan, tapi juga harus jeli dengan hal hal yang seperti mba asti sebutkan.

    ReplyDelete
  18. Karena basisnya online aku setuju banget sama kamu mbak, lokasi yang jelas, gambar yang jelas dan juga situs yang jelas. Biar ketika kita mau ninjau langsung enggak merasa tertipu gitu. Ah sama ada cust service ini sama vitalnya sih sama kebutuhan lainnya hihi

    ReplyDelete
  19. bener, mbak.
    saya juga lebih percaya sama developer yang sudah TLD websitenya. tapi jangan lupa dengan aspek lainnya, yang penting harus detil informasinya dan kredibel.

    ReplyDelete
  20. Emang kudu jeli ya mba kalau mau buka-buka website yang menyediakan informasi jual beli rumah. Jangan sampai terkecoh dengan website abal-abal yang bakalan merugikan kita ya.

    ReplyDelete
  21. Wajib banget menurutku memang harus mencari yang reputasinya bagus. Jangan sampai salah pilih untuk awal sehingga kita sebagai konsumen akan merugi ya mba

    ReplyDelete
  22. kudu teliti, dan cari cari referensi lainya ya mba. aku juga cek foto-foto nya dan tanggal postingnya. terus juga liat webnya, kredibel apa nggak. pokoknya jangan sampe terkecoh, sayang banget uangnya hehe

    ReplyDelete
  23. aku masih prefer cara tradisional yang menurutkulebih afdol. But then again tentu saja dengan perkembangan jaman platform digital untuk kurban memang diperlukan

    ReplyDelete
  24. Ita sih kudu hati2 kalo mau jual beli rumah via website jual beli property ya. Nanti niatnya biar oraktis nggak taunya ribet bin runyam

    ReplyDelete
  25. Aku dan suami saat iji lagi rajim liat eebsote jual beli property nih krn emang lagi nyari rumah sih

    ReplyDelete
  26. Terima kasih ya sharingnya ya Mbk, apalagi kalau melihat website kalau cari info jual beli rumah ya Mbk. Tinggal klik dapat info yang detail.

    ReplyDelete
  27. Iya seiring perkembangan zaman makin mudah ya mbak cari properti bisa by online. Tapi penting banget lihat reputasi pengelola kuatir juga web Abal Abal. Lha sekarang yang offline ketemu wajah aja bisa nipu apalagi yang online. Kudu selektif ya mbak

    ReplyDelete
  28. Iya sih kalau mau beli rumah meski Hari hati . Kredibilitas website harus yang terpecaya . Bahkan mpo suka baca artikel mengenai property di dalam website . Pengetahuan jadi bertambah.

    ReplyDelete
  29. Rumah adalah hal yang penting banget yaa, Mba, olehnya itu dalam mencari info rumah yang hendak dibeli kita memang harus memilih website yang kredibel bukan yang abal-abal

    ReplyDelete
  30. Beli rumah gak boleh sembarangan yaa, Mba. Semua informasi tentang rumah yang kita beli harus dicaritahu lebih dalam, salah satunya yaa websitenya harus kredibel dan terpercaya

    ReplyDelete
  31. Zaman sekarang kalau mau jual beli rumah lebih mudah tapi ya mesti teliti ya sama website-nya jangan sampai zonk

    ReplyDelete
  32. Ada point peta bener juga ya, jadi menudahkan pencarian lokasi. Krn beberapa website jual beli rumah, suka gak ada point ini..
    Dan yg terpenting kudu wajib sudah https ya. Biar secure.

    ReplyDelete
  33. Nah bener nih. Kebenaran aku lagi cari rumah juga. Dan memilih website jual beli rumah ga bisa sembarangan ya

    ReplyDelete

READ the post carefully,
Leave your NAME/URL comment,
Do not leave active link.
Thank you~
IG : @beautyasti1

CHEERS~