Follow me :

UDAH LAMA AKU GAK MUDIK KE PADANG

Sunday, April 21, 2019
Udah Lama Aku Gak Mudik ke Padang. Hi bebh, jadi sebenarnya Asti itu orang mana sih? Ada yang bilang orang Aceh, ada yang bilang aku orang Jogja, ada yang bilang aku wong Padang. Iya bener aku orang Padang, jadi tuh ayah ku berasal dari Sumatera Barat. Tapi pernah kah aku ke Padang? Pernah. Aku mudik ke Padang itu tahun 2004, tepatnya beberapa hari sebelum kejadian tsunami Aceh. Untungnya aku udah sampai di Jakarta duluan karena aku ada ujian, dan di susul keluarga ku beberapa hari kemudian. Alhamdulillah kita sudah sampai lagi di Jakarta sebelum tanggal 25 Desember 2004, sebelum bencana melanda kota Aceh, Sumatera, dan sekitarnya. Dan sampai saat ini aku belum pernah lagi mudik, jadi ingin rasanya aku mudik lagi ke kota Padang, yang lebih tepatnya mungkin jalan jalan ke kota Padang dan sekitarnya karena waktu itu aku ga sempat mengunjungi spot bersejarah yang selama ini kalian tahu. Yang ku kunjungi waktu itu adalah spot lokal terbaik yang memang layak untuk dikunjungi juga.


BEBERAPA TEMPAT WISATA LOKAL YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI PADANG


Serius aku hanya mengunjungi sedikit sekali tempat wisata yang mungkin kalian tidak tahu, nah disini aku akan list 3 tempat wisata yang aku ingat pernah aku kunjungi dan juga harus kamu kunjungi jika kamu ke Padang. Next time ke Padang, aku juga akan mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang memang sudah sangat terkenal dan sudah diketahui oleh banyak orang juga, I promise myself. Berikut list yang aku rekomendasikan :


1. AIR TERJUN BAYANG SANI


Berlokasi di kota Painan, kalau dari kota Padang itu kira kira 1 jam an mungkin ya, yang aku ingat juga jalan nya seperti dari kota Padang naik ke puncak gunung dan berkelok kelok. Yang bikin betahnya adalah pemandangan Teluk Bayur yang lautnya sangat biru dan adem di lihatnya. Dan ada apa di Bayang Sani? Sebenarnya ini seperti kamu dari Jakarta pergi ke Bogor untuk menikmati curug (air terjun) begitu deh hehehe.. Bayang Sani ini cukup besar mengingat tinggi nya air terjun Bayang Sani ini. Om ku bercerita sewaktu muda nya dulu pernah berseluncur dari atas air terjun Bayang Sani ke bawah, maaf ya bebh, om ku ini memang anak bolang dulu nya hehehe..

Untuk mencapai ke Air Terjun Bayang Sani ini, kita agak jalan mendaki sedikit ke atas, ga jauh sih, lalu kita akan menemukan seperti kolam untuk berenang yang airnya tidak dalam aka sepinggang. Disini juga ada seperti bebatuan yang bisa dipanjati dan kita bisa menikmati pemandangan Air Terjun Bayang Sani dari atas bebatuan ini, dan bisa juga loncat dari atas batu hehehe. Harga tiket masuk nya ga ada bebh, dulu aku ga pakai tiket masuk segala karena ini tempat umum, tapi belum banyak wisatawan yang tau.



air-terjun-bayang-sani-paket-tour-padang.jpg
 source : jelajahsumbar.com




2. JEMBATAN AKAR


Masih di lokasi yang sama, tidak begitu dekat juga, hanya berlainan arah ada tempat wisata bernama Jembatan Akar. Menurut Wikipedia, Jembatan Akar adalah jembatan yang terbentuk dari jalinan dua akar pohon yang tumbuh berseberangan dan membentang di atas aliran Batang Bayang di Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jadi menurut sumber yang aku baca, akar jembatan ini dari pohon beringin dan kini, Jembatan Akar ini sudah berusia lebih dari 100 tahun.  Mungkin sebagian dari kamu sudah tau tempat wisata ini karena sempat masuk MTMA juga dan juga ada di cover belakang buku Buya Hamka. Jadi ada apa di Jembatan Akar atau yang biasa orang Padang bilang Jembatan Aka / Jembatan Naka ini? Selain pemandangan nya yang cantik banget, udaranya yang sejuk, disini kita bisa bermain air dan juga mencoba berjalan diatas Jembatan Akar ini. Harga tiket masuk nya berapa? Ga ada tiket masuk waktu dulu aku kesini, aku ga tau kalau saat ini ada tiket masuk atau ngga, pastinya ga akan mahal.


jembatan-akar-paket-tour-padang.jpg
source : beritasumbar.com



3. AIR MANIS BEACH


Atau biasa disebut dengan Pantai Air Manis, atau lebih dikenal lagi dengan sebutan Pantai Malin Kundang. Iya, kalian pasti tau donk history yang melegenda Malin Kundang; yang durhaka kepada orang tua nya karena tidak mengakui orang tuanya lalu dikutuk jadi batu? Nah batu Malin Kundang yang durhaka itu ada di pantai Air Manis ini bebh.. Menurut Wikipedia, Pantai Air Manis atau biasa disebut dengan Pantai Aia Manih oleh orang Minang, letaknya 10km dari kota Padang. Harga tiket masuk nya berapa? Per-orang nya hanya IDR 5.000 aja, untuk biaya parkirnya cuma IDR 5.000/mobil dan IDR 3.000/motor. Terjangkau banget kan, next time kamu ke Padang, kamu harus berkunjung ke pantai yang melegenda ini. Ada sedikit mitos/fakta yang ada di pantai ini, jadi kalau kamu memetik bunga atau daun dari pepohonan yang ada disana, kamu akan sakit demam gitu bebh. Kurang lebih begitu cerita yang aku tahu.. Makanya lestarikan alam hehehehe..


pantai-air-manis-paket-tour-padang.jpg
source : gettyimages - Barry Kusuma


Selain ke-3 tempat wisata lokal ini, aku juga mengunjungi Jam Gadang, dan juga beberapa pantai lokal lainnya. Gimana, kamu ada rencana liburan ke Padang dalam waktu dekat? Kamu bisa juga pakai paket tour Padang biar ga ribet di perjalanan, dan jangan lupa mampir ke tiga lokasi ini ya.. Selamat berlibur





Baca juga :

1. Honeymoon di dekat pantai enak nya kemana?

2. Honeymoon di De Uma Lokha

3. Cara ubah video Youtube menjadi MP3

4. DIY outer dari pashmina

5. Bio Oil travel hacks




28 comments on "UDAH LAMA AKU GAK MUDIK KE PADANG"
  1. Wah... Aku juga jadi pengen ke padang... Hihi. Panoramanya oke punya ya mb... Yang jelas sih makanannya lezat semua. Pengen ngerasain rendang telur yang konon katanya kriuk dan lezat... ��

    ReplyDelete
  2. NGOKKKKK
    WHAAATTT???
    Hahahahha

    #terkejutolehfakta

    HALO UNIIII

    Ternyata asli Padang juga Mbak Asti????
    Waaahhh ^^

    Aku ke air terjun bayang sani deh yang belum pernah
    Sisanya udah
    bukittinggi nggausah ditanya, hampir tiap liburan ke situ hihihi

    Nanti kalau jadi mudik ke Padang lagi email aku yaaaa
    Mari kopi darat! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah lulus S2 balik ke padang aul?

      Delete
    2. Iyaaa Aku balik Padang hehe
      Kebetulan lulus pns dosen di Padang hehe

      Delete
  3. Ternyata Mbak Asti half Padang yaa. Aku belum pernah ke Padang, ke Sumatra baru nginjek Palembang sama Batam doang wkwkwk. Kalau ke Padang pengen juga pergi ke jembatan akar, unik banget nggak ada di tempat lain.

    ReplyDelete
  4. Wah sama mba. Aku orang padang yang besar di Banung tapi udah lama banget juga belum ke padang lagi. Padahal masih ada nenek dan paman ama bibi di padang. Semoga suatu hari nanti bisa segera maen ke sana ya. Kalau mba sendiri masih banyak saudara nggak di sana?

    ReplyDelete
  5. Padang terutama Sumatera Barat memang terkenal dengan wisata alamnya yang cantik banget, meskipun belum pernah ke Padang tapi beberapa kali ada pekerjaan menulis tentang Padang, jadi tahu banyak lokasi wisata yang keren salah satunya Pantai-nya Maling Kundang. Mudah-mudahan nanti bisa berkunjung ke Padang.

    ReplyDelete
  6. Padang banyak pemandangan alamnya nan indah ya mba, kaka iparku istrinya orang padang. sayang saat mereka nikah saya lg hamil besar dan gabisa ikut ke padang :(

    ReplyDelete
  7. dari tempat2 di atas cuma pernah ke pantai Air Manis, yang ada batu Malin Kundang kan mbak?

    di blogku banyak cerita wisata Sumatera Barat, di sana semuanya cakep2 sih, banyak yang bisa ditulis sih.., apalagi dianter teman blogger asal Bukittinggi

    keren bangetlah Sumatera Barat itu

    ReplyDelete
  8. Wah pantai air manis itu gak jauh dari kota padang ya. Kalo. Pas ke padang deket aja ke pantainya. Semoga nanti ada kesempatan ke padang

    ReplyDelete
  9. Ternyata selain makanannya enak, pemandangan alam di Padang juga memesona ya. jadi pengen puas-puasin piknik ke Padang :)

    ReplyDelete
  10. Mbaa.. itu jembatan akarnya menakjubkan sekaleee... Banyak tempat menarik ya di Padang. Kalau ke Sumatra tuh paling jauh aku sampe Jambi doang. Belum pernah sampe ke Padang.

    ReplyDelete
  11. Unik ya jembatannya. Air terjunnya juga bagus banget. Tapi baca kata jalan berkelok kelok kok udah mulas duluan. Haha... Saya ini kalau jalannya berkelok kelok gitu, biasanya mengalami mabuk perjalanan mbak

    ReplyDelete
  12. Wah ternyata orang Padang ya, air terjun Bayang Sani apik ya, kebayang deh omnya meluncur dari atas hihihi seram juga..aku pengen ke Padang ey..

    ReplyDelete
  13. Wiih.. indah ya mba.. aku belum pernah ke padang mba.. tapi kuliner padangnya always, bisa 1 minggu 3x makam nasi padang.. wkwk

    ReplyDelete
  14. Wah orang Padang mbanya. Enak ngga mba jadi orang dari daerah yang makanannya mendunia di Indonesia dengan Nasi Padang? Hehe. Becandaa. Saya belum pernah ke Padang sih mba, tapi penasaran mau kesana pengen makan nasi padang asli sana. Haha. Pasti rasanya lebih nikmat. :)

    ReplyDelete
  15. Menarik ya tempat wisata di padang... Dulu saya pernah ke padang, tp cuma numpang lewat, pas mau survei ke kan 50 koto...

    ReplyDelete
  16. Waktu SD aku sempat tinggal di padang dan sekarang suamiku orang padang tapiii udah lama juga ngga kesana :D ternyata banyak tempat wisata yg belum aku explore, kayaknya boleh juga nih mudik sekalian jalan2 ke padang tauhn depan :D

    ReplyDelete
  17. Belum pernah ke Padang. Jadi pengen nih jalan-jalan ke sana. Pas baca omnya meluncur dari atas air terjun Bayang Sani jadi ngilu. Tinggi banget dan batuan semua. Nggak bisa bayangin itu kalau meluncur dari atas.

    ReplyDelete
  18. Wahhh aku belom pernah ke padang ternyata padang seindah ini ya mba asti.... Keren banget pemandangannyaa... Pengen kesana juga

    ReplyDelete
  19. dari 3 tempat yang disebutkan, aku baru pernah main ke pantai Air Manis aja nih. Pun itu tahun 2015. Udah lama bangeet. Musti balik lagi nih kek nya untuk liat tempat lainnya.

    ReplyDelete
  20. Belum pernah ke Padang, pernahnya lewat doang karena rumah nenekku di Medan. Noted itinerary-nya mba, semoga bisa ke sana juga :D

    ReplyDelete
  21. Kirain orang sunda, padang toh
    Sama aku dah 2 taun ga pulang kampung jadi kangen huhuhu

    Kemaren sempet mau ke padang pas temen nikah, tapinya ga jadi huhuhu

    Hayukk.pulang ke padang mak asti biar ke kampung bapak pakai paket wisata pastinya yaa

    ReplyDelete
  22. Salah satu destinasi impian sy n keluarga k padang mba, tanah leluhurnya suami . Moga tabungan segera cukup buat k sana

    ReplyDelete
  23. The last time I came to the city was into 2005. 14 years ago! That was a long time ago indeed. I guess it’s good to go back there again And see more of the beauty of this place

    ReplyDelete
  24. Gak kliatan kaya Orang Padang, kak Asti.
    Tapi kalau tipikalnya, emm..kayanya iyayaa..heheh...tegas.
    Aku dulu kecil pernah ke Padang, tapi ingatanku samar-samar.
    Pingin mengulangi travelling ke Padang.

    ReplyDelete
  25. Merinding bulu kudukku saat mengingat peristiwa di Aceh. Alhamdulillah, Tuhan msh melindungi mba dan keluarganya 😊 btw jd kepengen jg ke Padang nih, penasaran dengan tempat wisatanya 😊

    ReplyDelete
  26. Padang itu salah satu list iteneraryku buat jalan-jalan, nih. Ku baru tau Asti tenyata orang Padang :) Bisa rafting juga ga sih di sekitar Jembatan Akar itu?

    ReplyDelete

READ the post carefully,
Leave your NAME/URL comment,
Do not leave active link.
Thank you~
IG : @beautyasti1

CHEERS~