Follow me :

CARA ALAMI MENGATASI ANYANG ANYANGAN PADA IBU HAMIL

Monday, July 11, 2016
Hai hai.. Dengan bangga dan bahagia di postingan kali ini aku akan berbagi pengalaman seputar kehamilan di trimester ke-III atau sering disebut dengan hamil tua. Di bulan bulan kebahagiaan ku menunggu lahir nya sang buah hati, ternyata ada kecemasan mendalam yang pernah kurasakan sejak awal trimester ke-III, bahkan sejak usia kehamilan 6 bulan yaitu; anyang anyangan yang selama ini tidak pernah sekalipun menyerang ku.. Awalnya aku menganggapnya sebagai hal biasa saja yang mungkin terjadi pada setiap kehamilan dan menghadapi nya dengan santai. Hingga pada suatu saat....aku membaca sebuah artikel yang menyatakan kalau anyang-anyangan ini dibiarkan terus berlarut larut akan membahayakan si janin, bahkan bisa menyebabkan kelahiran prematur, atau bayi lahir dengan berat rendah. It's a BIG NO!! Yuuk baca lebih lanjut cara alami ku menghadapi dan mengatasi anyang anyangan di kehamilan tua ini. Let's read aloud~



cara-alami-mengatasi-anyang-anyangan-pada-ibu-hamil.jpg



Masa kehamilan adalah saat-saat yang membahagiakan bagi seorang wanita, tapi juga menjadi saat saat yang rentan baik bagi si bumil (ibu hamil) maupun bagi janinnya. Banyak penyesuaian yang perlu dilakukan agar bumil bisa melewati masa kehamilannya dengan baik dan melahirkan bayi nya dengan sehat dan selamat. Salah satunya adalah memastikan tubuh si bumil terbebas dari infeksi dan penyakit yang dapat membahayakan janin jika tidak segera ditangani. Salah satu infeksi yang bisa menyebabkan kekhawatiran pada bumil di masa kehamilan adalah anyang anyangan atau bahasa medis nya adalah ISK (Infeksi Saluran Kemih). Jika anyang anyangan tidak segera diatasi, infeksi ini dapat menimbulkan infeksi pada ginjal, bahkan berakhir dengan kelahiran prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah *amit-amit jabang bayi*.


Karena kandungan ku di trimester ke-III yang sudah membesar, kandungan ini menekan bagian kantung kemih ku. Sehingga kantung kemih yang tertekan tadi menimbulkan hasrat ku untuk selalu sering sering buang air kecil. Sering nya aku bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil adalah salah satu yang masih ku anggap wajar pada awal nya. Sampai akhirnya hampir setiat saat, bahkan ketika sehabis buang air kecil pun, timbul hasrat ingin buang air kecil kembali. Bahkan ketika saat mandi, aku bisa buang air kecil sebanyak 3x. Jangan tanya ketika malam hari, aku susah sekali tertidur dikarenakan harus bolak balik kamar mandi karena hasrat buang air kecil itu selalu ada. Bawaannya pengen pipis terus.. Yang aku bingungkan adalah urine yang keluar hanya sedikit dan aku juga mengalami sakit pada saat buang air kecil. Karena tidak ingin sakit ketika buang air kecil itulah, sebisa mungkin aku juga menahan hasrat untuk pipis. Ya, awalnya aku berpikir ini normal terjadi pada setiap ibu hamil, yang harus kulakukan adalah jangan minum banyak air supaya tidak anyang anyangan. Alhasil aku hanya minum sedikit saja, bahkan minum air hanya sekedar pelepas dahaga saja.


But I've never been so wrong in my life. Ke-sotoy-an ku tentang air putih yang kupikir adalah penyebab anyang anyangan ini adalah salah besar! Aku sudah salah kaprah! Aku terserang dehidrasi, dan ketika kontrol ke dokter kandungan, ternyata air ketuban ku dibawah normal. Ini semua gara gara salah kaprah yang sibuk kupikirkan sendiri. Lalu aku menceritakan masalah anyang anyangan ku ke dokter, lalu dokter mengatakan kalau aku terserang dehidrasi sehingga tidak hanya anyang anyangan saja yang menyerang, tapi juga air ketuban yang dibawah batas normal. I was so sad!! Kasihan janin ku.. Lalu dokter kandungan ku  menyarankan agar aku meminum banyak air putih, kalau bisa 10-12 gelas dalam sehari.


Perjuangan untuk meminum air putih 10-12 gelas sehari juga tidak lah mudah. Aku benar benar harus minum setidak nya 1 gelas dalam 1 jam. Dan suatu hari aku disarankan oleh kakak kandung ku, seorang dosen di bidang Kesehatan yang juga baru 2 minggu melahirkan seorang bayi laki laki sehat, untuk mengkonsumsi Prive Uri-cran yang mengandung ekstrak Cranberry. Aku percaya apa yang disarankan oleh kakak ku, karena dia ahli di bidang kesehatan dan juga seorang ibu hamil yang baru saja melahirkan. Aku berpikir unuk mencoba nya juga. Lalu aku mencarinya dan tidak ketemu, aku hampir stress juga mencari Prive Uri-cran kemana mana, dan ternyata tersedia di Guardian dan Kimia Farma. Aku sendiri mendapati nya di Guardian PIM 1 dengan harga IDR 135.900 (harga awal IDR 151.000) untuk per-box nya dengan isi 3 blister (let's say per-strip) yang berisi masing masing @10 kapsul berbahan dasar tanaman @250mg). Sesuai dengan saran kakak ku, aku mengkonsumsi 2 kapsul Prive Uri-cran per-hari nya. Aku meminum nya 1 kapsul setelah sarapan dan 1 kapsul lagi setelah makan malam, dan tak lupa menghabiskan 1 gelas air putih bersama nya.


solusi-obat-alami-untuk-mengobati-anyang-anyangan-pada-ibu-hamil.jpg


Setelah 2 minggu aku meminum air putih 10-12 gelas per-hari dan Prive Uri-cran secara rutin yang aku sebut dengan teraphy anyang anyangan ala bumil hehhehe, aku kembali kontrol dwi-mingguan ke dokter kandungan ku. Alhamdulillah dokter mengatakan air ketuban ku sudah normal dan janin ku sehat. Alhamdulillah aku lega dan senang sekali mendengarnya. Kabar baik nya, aku juga sudah terbebas dari anyang anyangan yang menyiksa. Urine yang keluar sudah normal kembali, aku juga tidak lagi mengalami sakit luar biasa di saluran kemih ku ketika buang air kecil, dan yang terpenting adalah air ketuban ku normal kembali. Dan sekarang pun aku masih mengkonsumsi Prive Uri-cran 1X sehari sehabis sarapan pagi untuk mencegah anyang anyangan muncul kembali dan untuk menjaga kesehatan saluran kemih. Karena Prive Uri-cran bukan obat, jadi aman di konsumsi oleh ibu hamil kapan pun karena kandungan Vitamin C yang terdapat di dalam buah Cranberry (Vaccinium Macrocarpon ; Ekstrak Cranberry) baik untuk ibu hamil dan juga membantu menjaga janin tetap sehat. 



SUMMARY :


Itulah pengalaman ku dalam mencegah dan mengatasi anyang anyangan di masa kehamilan tua ini dengan cara alami. Intinya jangan berusaha pintar sendiri kalau anyang anyangan itu bisa di atasi apa ada nya dan jangan sampai bumil mengalami dehidrasi!. Perbanyaklah minum air putih 10-12 gelas sehari; jadi selalu di ingat ya, minum air putih itu bukan hanya untuk sekedar pelepas dahaga saja, karena semakin bumil dehidrasi bukan hanya ayang anyangan saja loh yang akan semakin menjadi jadi, tapi juga air ketuban pun akan berkurang. Dan juga jangan menahan buang air kecil, karena itu hanya akan memperparah anyang anyangan pada bumil. Tentu nya hal hal seperti ini yang tidak di inginkan oleh ibu hamil kan.. Konsumsilah ekstrak Cranberry yang terdapat di dalam Prive Uri-cran yang mengandung bahan alami yang bisa mencegah dan mengatasi anyang anyangan pada ibu hamil.. Selamat menanti kelahiran sang buah hati~ ^0^


review-mengatasi-anyang-anyangan-dengan-prive-uri-cran-ekstrak-cranberry.jpg



Thank you for reading~


Cheers!!



30 comments on "CARA ALAMI MENGATASI ANYANG ANYANGAN PADA IBU HAMIL"
  1. Okeh muantappp juga nih artikelnya kebetulan di tempat saya ada ibu hamil yang harus segera saya kasih tahu supaya terhindar dari anyang anyangan.

    ReplyDelete
  2. Kang Nurul Iman ==> thans, semoga artikel nya bermanfaat

    ReplyDelete
  3. ibu hamil memang rentan sama anyang-anyangan yah Mba Asti, untungnya udah ada prive uri-cran untuk mengatasinya :)

    ReplyDelete
  4. Irawati Hamid ==> menyiksa mba, harus bolak balik pipis terus ^ ^ hehehe.. untung aku sudah bebas dari anyang anyangan

    ReplyDelete
  5. Dulu lagi hamil saya juga sering anyang-anyangan mba, akhirnya cuma pake cara tradisional, soalnya belum tau Uri Cran. Artikel bermanfaat neh mba

    ReplyDelete
  6. Liswanti Pertiwi ==> ^.^ makasih mba liswanti, next pregnancy sudah tau donk ekstrak cranberry nya..

    ReplyDelete
  7. Aq sekarang baru trimester II n udah sering banget anyang2 an, info nya berguna sekali, aq mau coba cari prive uri-cran. Siapa tau bisa mengatasi anyang2 ku juga.

    ReplyDelete
  8. Stefanny Fausiek ==> ^0^ selamat ya mba stefanny atas kehamilannya.. Jangan lupa untuk banyak minum air putih dan jangan nahan pipis

    ReplyDelete
  9. Prive uricran bisa di minum walau lagi nggak anyang anyangan nggak Mbak, maksudnya bisa buat pencegahan ?

    ReplyDelete
  10. Emng gak nyaman banget saat hamil anyang2an ya mbak... pernah ngrasain soalnya tp waktu itu blm kenal prive uricran...

    ReplyDelete
  11. Amir Mahmud ==> bisa, soalnya prive uri cran bukan obat..

    April Hamsa ==> :D betul mba.. Hehehe tapi sekarang udah tau donk ada prive uri cran..

    ReplyDelete
  12. Aku selalu coba menjaga asupan air putih supaya tidak dehidrasi dan anyang-anyangan.. Dan airnya air hangat :)

    ReplyDelete
  13. indah nuria savitri ==> itu yang sekarang sedang ku galakkan mba ^.^ minum air putih yang banyaaakkk

    ReplyDelete
  14. alhamdulillah udah ada solusi praktisnya ya

    ReplyDelete
  15. Nathalia DP ==> praktis dan alami mba, plus banyak minum air putih..

    ReplyDelete
  16. aku ikutan lomba ini juga mba :D
    emang praktis ya Prive Uri Cran ini apalagi untuk ibu hamil manjur banget ya kayaknya :)

    rusydinat.com

    ReplyDelete
  17. gak tahu rasanya anyang-anyangan pas hamil.. saya aja kalau anyang -anyangan karena banyak atifitas jadi ngerasa serba salah..

    ReplyDelete
  18. Rusydina Tamimi ==> iya mba.. Btw good luck for both of us ^.^

    Nisful Ardi ==> cobain prive uri-cran deh siapa tau gak serba salah lagi

    ReplyDelete
  19. iyaa..pas hamil rasanya pengen ke toilet terus...makasih review nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. a.e.zen ==> trus kalau semakin lama di toilet bisa 2-3 pipis hehehe

      Delete
  20. alhamdulillah sih pas hamil kemarin ama yg dulu aku ga prnh ngalamin anyang2an ini mbak.. tapi pernah sekali, malah sebelum hamil ...ga enak bgt memang, baru juga pipis, udh terasa mau pipis lagi.. aku sampe mikirnya jelek waktu itu, kirain ginjal ato apa -__-

    ReplyDelete
  21. fanny fristhika nila ==> aku gak pernah anyang anyang an.. Tapi pas hamil, berasa banget bolak balik pipis nya mba.. Gak bisa jauh dari toilet deh hehheehe

    ReplyDelete
  22. Aku belum ngalamin sih Asti. Dikeep dulu buat nanti kalau aku hamil, ya :) Sehat terus sampai lahiran, ya.

    ReplyDelete
  23. Efi Fitriyyah ==> silahkan mba, semoga info nya berguna :D thank you

    ReplyDelete
  24. wah, repot juga ya kalau sedang hamil tua terus anyang-anyangan pula. Pasti gak nyaman, apalagi kalau antara kamar mandi dan kamar tidur jaraknya lumayan jauh hehehe.
    semoga sehat selalu. AMin

    ReplyDelete
  25. Pas banget lagi ngerasain ini di trimester akhir, huhuhu. Makasih banyak ya tipsnya.

    Salam,
    Aci.

    ReplyDelete
  26. Dulu juga ngalamin. Yah namanya juga ibu hamil, pasti ada aja cobaannya... yang penting tetap sabar, ikhlas, dan penuh rasa syukur saat menjalaninya...

    ReplyDelete
  27. Mba, kalau trimester pertama sudah mengalami anyang2an ini apakah sudah boleh konsumsi pre uri iNi? Lalu apakah itu aman untuk penderita batu ginjal? Karna ternyata saya hamil mengalami susah buang air kecil tapi ternyata ada batu ginjal juga pada ginjal,

    ReplyDelete
  28. Mba, kalau trimester pertama sudah mengalami anyang2an ini apakah sudah boleh konsumsi pre uri iNi? Lalu apakah itu aman untuk penderita batu ginjal? Karna ternyata saya hamil mengalami susah buang air kecil tapi ternyata ada batu ginjal juga pada ginjal,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik konsultasikan dulu ke obgyn nya mba :) (dokter kandugan mba) / tapi kalau saran saya jangan dulu konsumsi

      Delete

READ the post carefully,
Leave your comment nicely,
Do not leave active link.

CHEERS~